Hanya Iseng Belaka

Leave a Comment
Kebanyakan gue nulis di blog jarang banget pake gambar. Padahal kalo tulisan blog ada gambarnya lebih bagus sih. Nah, biar setidaknya ada tulisan gue di blog keliatan bagus (ada gambarnya) maka gue akan share sedikit tentang keisengan gue.

Ntah sejak kapan hobi gue yang satu ini muncul, tapi yang pasti ini hobi tapi gak sering juga dilakukan. Gue sering banget ngotak-ngatik tampilan device, aplikasi atau apa pun mengenai gadget supaya enak dilihat terutama dilihat oleh diri sendiri. Gue gak peduli mau itu dibilang jelek ama orang lain atau gak, yang penting gue suka ama tampilannya. Yang gue inget, gue pernah nyoba mengubah tampilan komputer gue di kamar yang waktu itu masih pake Intel Pentium II, gue ulangi Pentium II !!. Zaman itu sih sebenarnya udah ada Pentium IV. Tetapi masalah ubah-ubah tampilan memang udah muncul sejak Windows 98 hadir. Kebayang gak sih Pentium II gue diubah-ubah tampilannya, pake windows blind waktu itu, yang secara logika mensyaratkan processor yang mumpuni dengan kartu grafis yang bagus. Alhasil lemot komputernya. Abis. Banget.

Namanya juga cuma iseng. Walaupun jadi lemot, tapi setidaknya kalau ntar ditanya malaikat, "Udah pernah ubah tampilan windows belum?", gue jawab, "Udah". Intinya sih gue cuma ingin merasakan, karena berharap suatu saat nanti gue punya komputer yang canggih (ampe sekarang belum punya juga sih). Toh, kalaupun gue pengen sesuatu yang urgent sehingga komputer gue harus stabil, gue non-aktifin semua custom-isasinya, balik ke mode normal.

Windows semakin berkembang bahkan sekarang sudah versi Windows 8 (mau ada Windows 9 katanya). Untuk customisasi tampilan pun udah semakin berkembang, macem-macem. Tapi kalau melihat dari yang gue ubah-ubah, kayaknya selera gue itu-itu aja, simpel nan elegan. Maunya sih keliatan gitu, walaupun secara kenyataan cuma bikin pengen muntah. Gue memanfaatkan komputer kantor untuk memaksimalkan tampilan yang gue inginkan. Walaupun sebenarnya dari sisi admin ITnya memblok untuk customisasi tampilan, ganti wallpaper aja gak bisa coba. Tapi gue gak menyerah, gue cari cara dan berhasil. Berikut tampilannya:

Ankis_Homescreen

Sederhana sih, tapi dengan tambaha rainmeter dan rocketdock jadi pembeda dengan Windows 7 standar. Ternyata masih banyak yang belum tau kalau dock yang di bawah itu ada di Windows pake rocket dock. Kebanyakan orang taunya itu hanya ada di MacOS. Yang paling gue sering cari adalah wallpaper, karena sourcenya paling banyak, bikin sendiri juga pernah.

Keisengan gue sedikit beralih ketika Android hadir dan gue memiliki device berbasis Android sejak versi Eclair (2.1). Waktu itu Android masih tahap pengembangan awal. Pengembang untuk ubah tampilan pun belum banyak tapi sudah ada dan gue udah pake. Hasilnya lemot (lagi). Processor dan RAM Android gue memang sangat tidak mumpuni. Gue berhasil sih mengubah tampilan jadi lebih oke, tapi hasilnya gue gak bisa nelpon x)).

Eh, kebetulan kantor gue ngasih handphone ke karyawannya, gratis, ponsel high-end (menurut gue). Gue pun bisa bebas mengubah tampilannya. Hasilnya..jeng.jeng.jeng..

Android_Homescreen
Tampilannya cukup berubah drastis menurut gue. Yang baru biasa pake Android, pasti bingung pake hape gue. Gambar di samping kiri merupakan tampilan awal  atau biasa disebut homescreen sedangkan yang bawah itu tampilan lockscreen. Tampilan awal gue pakein rak supaya aplikasinya rapi. Jadi tiap ada aplikasi baru, gue taro di rak deh biar gak berantakan.

Untungnya gue punya sedikit pengetahuan tentang programming ama desain grafis. Jadinya gue bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mengubah tampilan. Seperti tampilan awal Android yang pake rak gue edit sendiri pake Photoshop dan blog gue ini pun sedikit gue custom di code tampilannya. Kebanyakan sih memang banyak nyomot-nyomot dari sana sini. Gak ada tampilan yang memang gue buat sendiri, semuanya asli custom. Gue cuma menggabungkan berbagai ide buat dijadiin yang sesuai dengan keinginan gue.




0 comments :

Post a Comment