Ban Motor Yang Pas Buat Honda New MegaPro

44 comments

Gue pengguna Honda New Mega Pro tahun 2012. Gue gunakan untuk sehari-hari termasuk ke kantor, sekitar 70 km sehari. Akhir-akhir ini istri gue pusing liat gue yang ngurusin ban motor terus. Dia ampe bosen, gue dikit-dikit ngomong tentang ban. Awalnya sih gara-gara
honda-new-mega-pro
ada bunyi di bagian depan motor tiap motor digunakan. Hal itu berlangsung hampir sebulan. Awal-awal bunyinya tidak terlalu kenceng, lama-lama koq kenceng banget. Gue ampe ke bengkelnya Honda 3 kali, mekaniknya juga gak nemuin penyebab bunyi. Sampai di suatu pagi saat mau berangkat ke kantor, gue menemukan penyebab bunyi, ban depan motor gue HAMILLLL!!! Gue sempet shock, siapa yang berbuat!! Dan herannya baru ketauan pagi itu, udah cukup besar. Langsung gue ke bengkel Honda, tapi nihil, mereka gak ada stock. Gue pun ke kantor dengan perasaan was-was. Kalau pun memang ada tindakan medis lain yang dapat dilakukan, tapi gue gak mau ambil risiko, gue harus ganti ban hari itu juga. Di kantor, gue lebih banyak browsing tentang ban, tapi belum detail karena masih panik.

Sorenya gue langsung ke planet ban (pusat penjualan ban motor), gue gak ada pilihan lain, yang gue tau aja dan banyak pilihannya. Sampai di planet ban jam setengah 6. Hujan, deres gak pake banget tapi. Gue gak sempet nyari-nyari ban apa yang mau gue beli. Karena gue belum pernah beli ban di luar bengkel resmi. Tadinya gue berharap dapet ban di bengkel Honda, biar gak usah milih-milih.  Gue pusing kan, isinya ban motor semua. Mau beli apa gue?? Dimana gue?? Apa yang gue lakukan??
Akhirnya nanya ke mbaknya deh.
"Mbak, ban depan buat mega pro donk, yang Corsa aja" gue nanya yang Corsa, cuma itu yang gue tau..murah.
"Adanya ukuran 90/80 mas" mbaknya ngasih info.
Lah, gue bingung, mana yang pas buat motor gue.
Mbaknya sambil liat motor gue, gue ngikutin. Dia ngeliat ukuran ban gue 80/100.
"Iya mas, yang cocok cuma itu"
"Ada merk lain gak mbak"
"FDR mas, 90/80"
"Harganya berapa mbak?"
"Yang corsa 207, FDR 235"
"Yaudah deh mbak yang FDR aja", gue milih ngasal, asal cepet.

Abis bayar, ban dipasang. Agak lama karena ternyata mekaniknya istirahat pas magrib. Abis magrib ban selesai dipasang, beruntung gue ganti ban di Planet Ban (bukan promosi). Lah wong emang khusus jual ban, peralatan ama mekaniknya dari ban semua kali ya. Design teras depan tokonya pun disesuaikan biar pas buat masang dan nyopot pan (agak rendah di bagian belakang, untuk ngasih space buat ban belakang). Terlihat lebih kecil dibanding ban gue sebelumnya. Gue pulang dengan kondisi hujan sambil bawa ban bekas yang udah dibungkus. Walau hujan dan ban masih baru, normalnya ban-ban biasa agak licin, tapi ini enggak. Gue merasa tidak gagal dipilihin ban ama mbaknya, alhamdulillah.

Sejak ganti ban itulah gue jadi banyak nyari info tentang ban motor. Dari mulai ukuran, jenis, merk, apa pun lah. Dapetlah ternyata ban depan gue FDR Genzi 90/80-17 M/C 46S. Karena dalam beberapa hal tentang ban motor, pasti berhubungan dengan ban depan dan ban belakang. Tiap gue ganti kampas juga gantinya depan dan belakang. Gue ngerasa setelah gue ganti ban depan, gue juga harus ganti ban belakang. Apalagi selama ini ban belakang motor gue emang lebih cepat tipis dibanding ban depan. Bahkan seminggu setelah ganti ban depan, gue melihat ada kerutan kecil di ban belakang. Makin fokus deh gue nyari tentang ban motor. Gue memperkirakan beberapa bulan ke depan gue harus ganti ban belakang.

Pencarian gue tentang ban dimulai dengan pencarian ukuran-ukuran ban motor. Gak bisa sembarangan pilih ternyata. Tadinya gue berpikir mau ganti ban belakang yang besar dan lebar, tapi tidak bisa. Karena ukuran ban motor tidak hanya sekedar masalah lebar, tinggi dan diameter ban saja tapi juga menyangkut ukuran velg, jarak ban dan rantai motor, kekuatan ban (load index), rating kecepatan (speed rating). Akhirnya gue tau, bahwa ban depan yang gue beli (90/80) sangat jauh dari standarnya (80/100), tapi masih bisa ditoleransi. Hal ini dikarenakan ukuran velg gue yang hanya 1.85". Toh, masih nyaman juga koq pake ukuran 90/80. Nah, selanjutnya untuk ban belakang, standar dari Honda 100/90. Sama seperti ban depan, ban belakang yang sesuai standar tidak ada di pasaran. Merk standar Honda itu adalah IRC, kebanyakan motor yang beredar di Indonesia juga pakai IRC. Sedangkan merk-merk lain memang mengutamakan kualitas ban yang disesuaikan dengan jenis motor dan tipe pengendaranya. Jadi kalau mau ganti ban yang pas, maka gue harus detail dalam memilih terutama ban belakang yang memang kerjanya lebih keras dibanding ban depan.

Ukuran standar dari Honda adalah 100/90-17 M/C 55P merk IRC NR25. Gue gak mau nurunin standar, bisa sih, tapi gue gak mau, pokoknya titik. Ukuran tadi gue jadiin ukuran minimal, dimana ukuran tersebut gak ada di merk lain kecuali IRC. Untuk ukuran standar berarti lebar adalah 100 mm atau 10 cm sedangkan tinggi 90% dari 100 atau 90 mm. Ukuran diameter yang ada di samping ukuran lebar/tinggi yaitu 17. M/C menunjukkan medium compound (kompon medium). Load index 55 atau setara 218 Kg dengan speed ratio P, max 150 km/jam.

  • Diamater. Gue beruntung diameternya 17. Pilihannya banyak, sama kayak ukuran 14. Beda ama ukuran 16 atau 18, langka banget.
  • Lebar. Mengingat tidak adanya ukuran standar di pasaran, gue sekalian aja nyari ukuran yang lebih lebar, target gue 110 atau 120. Ada beberapa yang pakai 130 untuk mega pro sih, tapi ada sedikit yang diubah pada motor agar tidak terkena rantai dan gue gak mau juga mengubah partnya motor gue.
  • Tinggi. Untuk tinggi tidak banyak bisa memilih karena pabrikan punya selera desain sendiri untuk ban. Yang lagi ngetren untuk ukuran ban motor jalanan adalah di rasio 70 dan 80 artinya ukuran ban menjadi 110/70, 110/80, 120/70, atau 120/80. Namun, kalau 110/70 buat gue terlalu rendah, tinggi jadi 77 mm, begitu juga 120/80 agak terlalu tinggi, 96 mm. Jadinya gue tinggal fokus ke 2 ukuran ban 110/80 dan 120/70.
  • Load index dan speed ratio tidak akan jauh dari ukuran lebar dan tinggi ban. Tapi biasanya untuk merk dengan kelas di atas IRC, load index dan speed ratio udah berada di atas standar motor gue. Beberapa ban yang sudah gue eksplor di ukuran 110/80 dan 120/70 rata-rata sudah 57S, sudah sangat sangat sangat OK buat motor gue.
  • Jenis ban. Kalau untuk hal ini gue sudah tau sejak gue nonton MotoGP. Intinya harus memperhatikan alur ban (goret-goretnya, depan ama belakang beda) dan tingkat kelunakan ban. Kalau alur gak usah terlalu diperhatikan sih, asal tau aja tipe bannya, googling, nemu deh itu alurnya memang disesuaikan ama tipenya sendiri. Kan gak bisa juga gue milih alur yang cantik tapi ukuran gak sesuai. Nah, tingkat kelunakan ada tiga yang utama: soft, medium, dan hard. Walaupun ada yang agak sedikit variasi menggabungkan dua jenis, misal soft-medium. Karena penggunaan gue lebih ke sehari-hari dan tingkat intensitas yang tinggi, gue harus memilih ban yang medium. Yang ini sesuai standar, gue gak terlalu bisa ngotak-ngatik, pilihannya gak banyak. Kalau gue pilih soft, gue bisa ngebut banget tapi cepet abis karena memang biasanya dipakai buat race. Kalau yang hard, agak berbahaya buat pas hujan, cengkeraman ke aspalnya kurang banget. Jadi ya yang sedang-sedang saja, yang nempel di aspal tapi gak cepet habis, Medium Compound.
  • Merk dan tipe. Yang dibahas tadi lebih ke masalah ukuran dan segala macem. Intinya, ada gak ban yang seperti itu? Merk yang gue sasar adalah standarnya Honda IRC, Corsa, FDR, Bridgestone (atau lebih dikenal sebagai Battlax, bridgestone untuk motor), dan Michelin. Gue pernah nanya ke planet ban, untuk Battlax memang ukurannya besar-besar semua. Dari ukuran yang possible kemungkinan hanya ukuran 120/80 yang pas, ditambah harganya yang edan,,parah,,banget. Selain mendelete Battlax dari list gue, gue juga mendelete Corsa dari list gue hanya karena beberapa review yang kurang menyenangkan. Akhirnya pilihan gue tinggal IRC, FDR, dan Michelin. Setelah itu, baru gue nyari tipe mana yang sesuai dengan beberapa pertimbangan gue tadi dari website resmi masing-masing. Ketemulah tipe berikut: IRC Reborn NR 87 110/80-17 M/C 57S, FDR Sport XR 120/70-17 58S, Michelin Pilot Sporty 110/80-17 M/C 57S, diurutkan berdasarkan perkiraan dari yang paling murah sampai yang paling mahal. 
ban-irc-fdr-michelin
Sayangnya gue baru nemu yang FDR di planet ban kalimalang, gue belum nyari di beberapa outlet planet ban atau toko lain. Untuk yang FDR, tidak mencantumkan tipe kelunakan di websitenya, namun gue nemu tipe ban ini di Planet Ban Kalimalang keterangannya adalah Soft Compound (fiuh). Gue gak nanya detail sih apakah ini soft-medium atau tidak, tapi jelas banget kalau emang soft dan harganya ternyata di kisaran 560rb, gak worth it buat gue. Banyak sih yang pake FDR Sport XR buat Mega Pro nya, tapi gue gak mau aja ngeluarin duid segitu tapi ban cepet abis. Gue jadiin itu prioritas terakhir. Priorias utama mungkin lebih ke Michelin, merk luar, biar lebih awet walau harga lebih mahal tapi harusnya sih kisarannya masih di 550-650rb, worth it. Sementara alternatifnya adalah IRC yang mungkin kisaran berada di 320-400rb. Masalah lain muncul, kayaknya dua tipe ini jarang di pasaran deh (mudah-mudahan enggak). Gue cek di Planet Ban Kalimalang gak ada, mudah-mudahan karena akhir tahun, tutup buku. Harapannya pas gue nanti bener-bener ganti ban belakang motor, tipe yang gue inginkan sudah ada walaupun gue harus keliling-keliling Jakarta-Bekasi.

Gue gak mau yang gak sesuai standar sih, jadinya ribet. Lagian kalau yang di luar standar banyak yang harus diganti juga. Contoh untuk ban yang lebar, minimal gue harus ganti velg. Gak terlalu suka juga sih modif-modif gitu, biayanya gede.

44 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. lah terus jadinya beli yang mana ?

    ReplyDelete
  3. Makasih mas..sangat nolong infonya cuma agak kentang yak..hahaha...ternyata ban depan new megapro itu sama penyakitnya, punya saya juga hamil...baru setahun dan bahkan masih ada rambutnya... Mutu Honda mulai diragukan nih

    ReplyDelete
  4. Makasih mas..sangat nolong infonya cuma agak kentang yak..hahaha...ternyata ban depan new megapro itu sama penyakitnya, punya saya juga hamil...baru setahun dan bahkan masih ada rambutnya... Mutu Honda mulai diragukan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya emang gaya nulis saya nih mas,, suka banget ama kentang.. kalo mutu, semua industri sedang melakukan hal yang sama koq, pengurangan biaya produksi..

      Delete
  5. Replies
    1. sorry kalo agak rumit, akan dibuat tulisan yang lebih sederhana.. *mudah2an

      Delete
  6. tks infonya sangat membantu,tp ada kesamaan kasus ban motor honda nmp yg depan sy baru setahun jg hamil dan bunyi klo jalan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang itu lebih ke faktor jalanan yang kurang rata sih. kalo sring jalan di tempat yang mulus sih harusnya enggak. harus cari kualitas yang lebih baik.

      Delete
  7. Mas bro, NMP ane velg blkng ukrn 2.50 , and depan 1.60 .pgn ganti velg depan ukuran yg pas biar klop ama velg belakang. Kira2 ukrn brp mas bro? And ukuran ban yg pas buat msng2 velg?

    ReplyDelete
  8. Verza ane jg sama bos... udah 2 thun sh. ckup lama...
    ganti'y yg bagus apa yah buat verza ane...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. IRC tipe yang baru keluar aja gan kayak IRC Whizz atau Reborn

      Delete
  9. untuk ukuran velg standar pabrikan NMP FI, berapa ukuran maksimal ban untuk depan dan belakang? karena sy mau ganti ukuran yg agak besar, misalnya utk depan 100/80 dan belakang 120/70. serta merek dan tipe ban apa yang cocok utk NMP FI sy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue penganut ukuran ban yang disesuaikan dengan ukuran velg. kalo lebih besar ya depan 90/80 belakang 110/80. lebih dari itu pake velg lebih lebar.

      Delete
  10. Untuk mega pro kyak di atas pasny ban ap gan,sya mau ganti ban soalny,& merk.ukuran 110/70 ap 120/70.?sya begitu tau soalny mksih.

    ReplyDelete
  11. Mas bro nmp ane pake ban ukuran depan 100/80 dan belakang 130/70,,kira2 cocok ga mas bro....mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok kalo udah ganti velg lebar depan 2,5" belakang 3,5"

      Delete
  12. Ban sya uda abis bin botak..
    Ukurannya 120/70
    Sya mau ganti ukurannya yg lebih kecil tpi yg sesuai juga sma velg standar nya..kira2 ukuran nya brapa ya klo mau ganti yg lebih kecil dan langsing

    ReplyDelete
  13. Velg megapro verza dan cb 150 r ukurannya sama depan 1,85 dan belakang 2,5 depan bsa upgrade maksimal 110/80 dan belakang 130/80 tpi beban rantai berat... Jadi saya sarankan dpn 100/80 belakang 120/80

    ReplyDelete
  14. Hai gan... Mega pro sya ukuran bannya 90/80-17 untuk dpan dan 100/80-17 untuk ban belakang... apa itu cocok atw pas gan...? Tlong infonya.. mkasih...

    ReplyDelete
  15. gue pake ban michelin blakang 130/70-17 depab merk sama ukuran 120/70-17 velk palang standar NMP Fi selama ini gue pake di NMP Fi tahun 2014 fine fine aja malah handlingnya lebih mantab..lbh nampak gagah dan macho bensin juga g begitu ngaruh hampir sama dengan ban standarnya..jadi semua itu tergantung selera dan keberanian mengaplikasikannya di motor mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah handling kan karena tipe bannya. emang michelin mantep koq.

      Delete
  16. mas saya mau tanya,motor saya NMP pakai velg tapak lebar dan ukuran ban depan 110/70-17 belakang 120/80-17 kira2 nyaman tidak dengan ukuran tersebut. dan kalau mau ganti kira2 ukuran ban depan/belakang brp ? terimasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. depannya gasruk spakbor kayaknya, 100/80 atau 90/80 aja. belakang sih oke kalo pengen tinggi

      Delete
  17. Klw pakai ban depan 100/80 dpn-110/70 belakang pas gx? Ukuran plek standar pabrik.rencana mau pakai ban zn62.

    ReplyDelete
  18. Terimakaasiih, informasi ttg ukuran ban megapro ini bermanfaat bgt buat saya..

    ReplyDelete
  19. cara berpikir agan yg bener2 bantu

    ReplyDelete
  20. Pagi...untuk ban pertama kali dari pabrikan motor perlu kita ingat bahwa angin masih menggunakan angin biasa bukan nitro, untuk mengganti angin biasa menjadi nitro butuh selang waktu selama1 minggu, dan harus dikuras habis anginnya, sebab jika ditambahkan saja maka efeknya ban akan hamil alias menggelebung, untuk ban fariatif mau menggunakan tipe dan ukurannya, akan tetapi harus disesuaikan dengan trek medan keseharian yang dilalui serta muatan yang dibawa untuk kesehariannya demi keselamatan. Maaf jika ada tutur kata penyampaian saya yang kurang pas dan salah mohon dimaaf.....salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek jadi menggelembung sudah ada risetnya kah? setau gue lebih ke kualitas karet nya

      Delete
  21. Velg saya 2.5 depan dan 3.5 belakang menurut agan ban depan dan belakang ukuran berapa yang pas biar megapro saya tinggi, gagah dan kekar? mohon petuahnya gan

    ReplyDelete
  22. edan parah bgt.. nih artikel sangat membantu dan bermanfaat bgt, lengkap bgt info nya sampai detail explorasi.. makasih banyak gan.. yg terbaik aja doa dari ane..

    ReplyDelete
  23. terimakasih atas informasinya yg sangat membantu
    semoga sukses selalu

    http://makharyacargosurabaya.com
    https://makharyacargosurabaya.com/ekspedisi-murah-dari-surabaya-ke-balikpapan/

    ReplyDelete
  24. Selamat sore gan, saya pakai Velg Verza tapi Motor Megaproprimus, yang ingin saya tanyakan apakah dengan saya Beli Ban 100/80-17 tidak mengganjal spakboard.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganjel sih harusnya terutama sisi samping spakboar

      Delete
  25. Mas motorku belakang megapro new karbu ukuran velg jari2 2.5" ta ganti comet t1000 uk 110/70 jadinya bulet piye yo? Wes terlanjur iki seng depan pelg jari2 1.60" bawaan megapro merk DID rekomendasi gimana yang depan mau ta ganti yang belakang terlanjur haduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gak cocok sih 110/70 buat megapro, karena tipe motor touring. 110/70 itu motor sporty.

      Delete
  26. Artikel sangat membantu. Pikiran saya tercerahkan mengenai ukuran ban. Setelah baca ini saya milih ban swallow 110/80 street Enduro semi trail.

    ReplyDelete