Membuat Motor Nyaman Digunakan: Honda Vario 110 FI

221 comments
Setiap pabrikan motor melahirkan produknya sudah sesuai standarnya. Artinya motor diproduksi sudah dengan berbagai pertimbangan keselamatan dan kenyamanan. Hanya saja perlu disadari bahwa standar yang dibuat pabrikan pastinya akan menyesuaikan dari sisi konsumen juga dalam arti standar dan harga akan beriringan. Entah karena perekonomian Indonesia yang memang masih jauh dibanding negara-negara maju, membuat produk yang beredar di Indonesia diusahakan dengan harga yang terjangkau, berarti standarnya juga agak berada di bawah. Berbeda dengan dengan motor-motor yang beredar di Eropa dan Amerika yang memiliki standar tinggi walaupun pabrikannya sama seperti yang di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, atau Kawasaki. Makanya jangan heran kalau ada beberapa model di luar negeri yang tidak dipasarkan Indonesia. Sebagai contoh di Eropa beredar Yamaha MT125, secara kelas mesin bisa dibilang tergolong kelas motor jalanan biasa, namun secara produk ini sangat berbeda dengan motor kelas 125 cc yang beredar di Indonesia seperti Supra X 125 atau Jupiter MX (135 cc). Harganya jangan ditanya. Untuk kelas 125 cc, Yamaha MT125 dijual di kisaran harganya Kawasaki Ninja 250 cc versi ABS. Edan kan. Padahal kapasitas mesin cuma setengahnya.

Mungkin bagi sebagian orang sulit memahami perbedaan harga yang begitu jauh itu. Kalau dipikir memang aneh sih 125 cc harganya sama dengan 250 cc. Tapi kalau secara kualitas standar memang berbeda. Oleh karena itu, gue sering banget menambahkan atau mengupgrade part-part dari motor agar bisa menaikkan standar dari apa yang sudah dipasarkan di Indonesia. Gue akan share part-part apa saja yang mungkin bisa diganti atau diupgrade demi motor yang nyaman dan aman serta standar yang lebih baik. Gue akan share untuk beberapa jenis motor. Untuk kali ini yang dibahas dari Honda Vario 110 FI. Motor jenis matik atau transmisi otomatis bermesin 110 cc. Harga yang tercantum merupakan harga per akhir 2014. Tinggal disesuaikan dengan inflasi saja.

Part untuk kenyamanan, keamanan & upgrade standar:
1. Velg
Velg standarnya adalah rim 14" merk Enkei ukuran depan 1.6" dan belakang 1.85". Secara kualitas, memang sudah memilih merk yang bagus yaitu Enkei. Hanya saja kurang lebar. Sebaiknya lebar velg depan 2.15" dan belakang 2.5", dimana dirasa lebih aman di jalanan. Untuk merk, gue merekomendasikan Chemco yang memang merk yang dipakai Kawasaki untuk motor sportnya. Sementara banyak merk lain seperti power, road star, atau vox secara kualitas masih di bawah velg standar Enkei. Harga mulai 700rban
sumber gambar: kaskus.co.id

2. Ban
Gue bahas ban standar dulu ya. Dengan ukuran velg 1.6" dan 1.85", Honda menyematkan ban depan IRC NR73 atau Federal FT235 80/90 dan belakang 90/90. Untuk ukuran ban yang pas bisa dilihat di situs resminya, biasanya ukuran tertentu sudah ada ukuran velg rekomendasinya, dari ukuran rekomendasi biasanya pabrikan ban 'membolehkan' ban tersebut dipakai pada velg satu ukuran dari di bawah atau di atas rekomendasi. Nah, ukuran 80/90 yang biasanya dipakai di ukuran velg 1.85 dan 90/90 biasanya pada velg 2.15" sehingga Honda memang melebarkan ban satu ukuran dari velg standarnya biar lebih lebar (aman). Sedangkan untuk velg Chemco sebaiknya pakai ukuran depan 90/80 atau 90/90 dan belakang pakai 100/80, 100/90 atau 110/80. Untuk merk ban, sebaiknya memang pilih yang sudah baik standarnya seperi IRC, FDR, Michelin, Battlax, atau Pirelli, sesuaikan ama budget ya, hati-hati jebol.
Kalau masalah tube type atau tubeless, sebenarnya tidak ada masalah memilih di antara keduanya. Standar Honda pun menggunakan tube type atau pakai ban dalam. Anggapan tubeless lebih baik daripada tube type tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak salah. Masalah ini tergantung selera masing-masing. Karena memang tubeless sendiri sejatinya memang diciptakan untuk motor-motor pekerja berat seperti motor sport. Tube type lebih ringan, empuk di jalanan, dan jauh lebih murah sedangkan tubeless tidak mudah bocor dan kempes tapi berat dan sangat mahal.
Harga tube type mulai 100rban sementara tubeless mulai 200rb sampai 1jtan.
IRC SS-560F
IRC SS-560R















3.Air Filter atau Filter Udara
Untuk membuat motor lebih efisien maka sebaiknya digunakan air filter yang mampu mengalirkan udara dengan sempurna. Banyak merk air filter yang bagus salah satunya adalah Ferrox denga harga 325rb.

4.Roller
Menggunakan roller yang lebih ringan dari yang standar dapat meningkatkan akselerasi Vario 110 FI. Standarnya ukuran roller Vario 110 FI adalah 13gr. Gunakan satu ukuran di bawahnya yaitu 12gr, jangan terlalu ringan, ntar ngambang. Kalau merk sudah banyak beredar seperti TDR, Kawahara, atau BRT. Kisaran harga di 70rban

5. Bahan bakar
Secara standar Vario 110 FI dapat menggunakan RON 88 namun kinerja RON 88 yang kurang efisien membuat mesin kurang awet dan kurang efisien. Sebaiknya pakailah bahan bakar dengan RON 92 atau 95. Punya pertamina sudah oke koq atau Total Performance.

6. Oli
Sebenernya kalau oli mana yang enak itu sifatnya relatif tergantung karakter pengemudinya. Yang pasti gue merekomendasikan oli dengan tingkat kekentalan yang sama dengan standarnya. Beberapa oli yang sesuai adalah MPX-2, SPX-2, Enduro Matic, dan Motul Scooter Expert. Prefer Motul kalau ingin performa oke, mengingat standarnya sudah internasional. MPX-2, SPX-2 dan Enduri Matik di bawah 50rb sedangakan Motul Scooter Expert jauh lebih mahal di 75rban.

Sementara itu, ada beberapa part yang sifatnya variasi, artinya tidak mengubah performa. Namun, mesti diingat pergantian part variasi harus sesuai standar agar nyaman dan amannya tetap terjaga.

1. Handgrip
Gue sih lebih prefer tidak mengganti handgripnya, tapi menambahkan handgripnya dengan busa yang biasa dijual seharga 10rban biar lebih empuk. Ditambah busa buat handle rem, semakin nyaman deh.

2. Spion
Hati-hati memilih spion. Harus yang gagangnya kuat agar tidak bergetar sehingga jelas dilihat saat di jalanan. Model yang gue suka antara lain model ER6, Tomok Rizoma atau Vario CW yang lama (susah ni nyari yang ini)

3. Cover body
Matik memang terkenal bisa divariasikan bagian body tertentu seperti cover knalpot, cover kipas, cover air filter, cover cvt, daan bordess.

4. Spakbor
Variasi spakbor memang biasa dipakai di motor sport. Ternyata sekarang sudah berkembang di matik juga. Seperti spakbor depan yang sudah ada yang buat untuk model yang dipakai di ninja. Sementara spakbor belakang banyak model mengadopsi dari Yamaha R-Series atau Kawasaki Ninja Series.

Berikut gambar motor gue, belum semua diubah menuju standar yang gue sebutkan di atas.

Pergantian part yang sudah disebutkan dapat dipakai juga di Honda matik lain seperti Beat, Scoopy, Spacy, Vario 125, dan PCX.

221 comments :

  1. gan, mo nanya. kalo ngerubah lebar velg itu emang cukup muat di lebar shock bawaan pabriknya? alias gak mentok kiri kanan gituh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ukuran sih.. kalo pake lebar yang chemco dan ban sesuai rekomendasi sih gak perlu diapa-apain, tinggal plug and play.. beda kalo pake velg yang lebih lebar lagi misah 5" atau ban 140/70, pasti ada yang diubah..

      Delete
  2. Gan, minta saran aja kalo pake velg standar honda tp ganti ban belakang 110/80 dan ban depan 90/90. gmn menurut agan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen pertama, untuk matik honda selain PCX, yang depan sebaiknya 90/80 saja maksimal (dengan velg apa pun ya).
      Komen kedua, setiap ban sudah ada ukuran standar yang pas buat di ukuran velg berapa. Kalau masalah aman atau tidak, gue gak tau, karena banyak yang pake seperti itu dan nyaman2 aja. Hanya dari sisi pribadi, gue gak akan pakai ukuran yang begitu di velg standar. Mengingat ukuran ban tidak sesuai dengan ukuran velg sehingga akan ada tapak dari ban yang menjadi mubazir, jadinya gak ada gunanya ngeluarin duid banyak untuk ban yang lebih lebar. Lagian gue sih gak suka tampilan ban yang keluar dari velg.

      Delete
    2. oh gitu gan. trims sebelumnya sarannya soalnya saya mau ninggikan motornya sering kebentur soalnya klo di polisi tidur agak tinggi bagian bawahnya. mau ganti shock belakang tapi mesin jadi g ketutup sebagian sama selebor dalam. makanya pinginnya sih ganti ban aja..

      Delete
    3. mending sekalian ganti velg, lumayan jadi beda ama yang lain..

      Delete
  3. Misi gan,aku mw tanya. Buat ngatasi motor aku yg tdk bisa medan naik itu gmn ya gan? Mtr aku vario techno non cbs.. Mksh gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya tanjakan ya? rollernya aja ganti yang lebih ringan, antara 10 atau 11 gr. ban dan velgnya ukuran standar aja. jangan lupa bensin yang pas RON 92, olinya jangan standar AHM, bisa pake Enduro Matic atau Motul Scooter

      Delete
  4. klo velg blakang pindah kedepan trus velg belakang ganti yg 2.15 atw yg 2.5 sekalian?

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum,,mo nanya gan???
    Kemarin kan servis pertama kali motor ane vario fi 110,,ane nanya sama tkng servisnya,,,
    Ane : bang ane mo pake minyak pertamax
    Tkng sevis : gak usah dulu
    Lama2 ane bingung gan,,sedangkan ane liat2 yg share V-fi 110 kompresinya 9,2:1 menggunakan RON92/RON95

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Ini daerah mana ya?
      Kenapa harus bingung gan. Itu kan sifatnya preferensi.
      Honda sendiri mencatat tidak masalah pakai RON 88. Cuma kan lebih nyaman dan pas jika pake RON 92, artinya tarikan pas yang justru bikin gak boros.
      Toh pakai RON 95 juga jadi mubazir, tarikan sama aja kayak RON 92.
      Oiya satu catatan, RON 88 bisa menimbulkan kerak di tangki.

      Delete
  6. Makasih gan infonya lok bisa minta alamt gmailnya yg di sini susah nyarinya,,
    Ane brasal dri lombok gan N mo nanya lagi,,
    Veleg N ban mo up dikit,ada gak efeknya kira2
    Makasihh sblmnya😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry late response.
      Kalo mau beli kualitas ya mending chemco sih. kalo power lebih ke model.
      Tarikan jadi lebih berat, 1. karena ban lebih besar, 2. karena ban tubeless lebih berat.
      Solusinya ganti roller lebih ringan dan custom kampas ganda. dijamin lebih mantap dari pake yang standar.
      Saran: beli online aja, di kaskus banyak.

      Delete
  7. Gan ane mau nanya dong..
    Belum lama ini vario 110 cbs ane ganti velg lebar merk v.rossi dengan ban belakang uk.100/80
    Semenjak itu tarikan motor ane jadi berat..
    Apakah tarikan motor ane berat itu krn gnti velg lebar atau ada salah pemasangan yah gan??
    Mohon sharing nya gan... Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena ganti velg dan ban yang lebih lebar. apalagi kalau bannya tubeless. ban tubeless punya bobot yang berbeda jauh dengan tubetype.

      Delete
  8. gan mau nanya donk'....
    kampas ganda vario techno cbs sama ga dengan kampas ganda spacy fi? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau,, liat kode partnya aja.. bukannya bagusan punya vario yah?

      Delete
  9. Kalau mau dpt akselerasi dan top speed, kira2 bagusnya pakai roller n per cvt brp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau dpt 22nya ya bore up lah.. kalo maenin cvt doank mah gak bisa.

      Delete
  10. Gan kalo spakbor belakang vario fi 110 ini bisa dilepas ga sih? Thanks

    ReplyDelete
  11. Sore gan...
    Mau nanya donk. Aku pake beat fi, ban udah di-gedhe-in dan udah nyaman.
    Rekom untuk shockbreaker dong, yang lebih nyaman untuk perjalanan jauh..
    Terimakasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih sama donk, gue jg baru nambah motor beat FI, ACG nya asik.
      Nyaman itu mau gmn, yang empuk atau stabil?
      kalo empuk, ya standar paling oke atau merk Kayaba
      kalo stabil, paling bagus KTC Xtreme, atau YSS G Plus yang agak murahan.
      Btw, ganti ban apa?

      Delete
  12. Klo motor vario 110 fi ane baru servis gratis 1x nih.
    Abis baca2 artikel ni,besok2 pas servis buku ane coba pake Motul Scooter Expert ah sekalian ganti roller yg 12gr (mungkin ngambil punya BRT) hehe,,,,

    BTW ane sih nyaman2 aja dengan ni vario 110 fi standar .Cuman ni motor klo gas baru dibuka kayak ngelag gitu powernya,dan juga ada suara "nguwong nguwong" pas dah rada banter,,,baca2 sih suara "nguwong2" en power ngelag wajar untuk mesin FI (sebelumnya ane pake Beat karbu generasi paling awal)

    Klo sesuai komen agan yg rekomen ganti ke kampas kopling custom dikaskus,kira2 apa bakal ada perubahan dibagian "power ngelag" tu?

    thx b4 gan,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini vario 10 ESP ya? Mngkin karena roller standar lebih berat dan bannya udah tubeless. Tapi secara power sih sama aja. Berat di awal aja. Biar lebih enteng bisa dicustom kampas gandanya (bukan kampas kopling ya).
      Btw, BRT kurang rekomended euy. Terakhir pake sebentar aja udah peyang. LHK atau TDR aja

      Delete
  13. gan mo nanya vario 110cc terbaru ban standard pabrik nya pake merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHM selalu pake 2 vendor untuk bannya. Federal dan IRC. Tergantung ente dapet yang mana.

      Delete
  14. "ini vario 10 ESP ya? Mngkin karena roller standar lebih berat dan bannya udah tubeless. Tapi secara power sih sama aja. Berat di awal aja. Biar lebih enteng bisa dicustom kampas gandanya (bukan kampas kopling ya).
    Btw, BRT kurang rekomended euy. Terakhir pake sebentar aja udah peyang. LHK atau TDR aja"

    ^
    ^
    Waduh sori gan baru bales,klo motor ane sama kayak punya agan yang vario 110 FI.
    BTW ngomongin Roller,ane sempet iseng2 cari2 info.Ternyata ukuran Roller tiap matic beda2 ya,,, dan dari hasil baca2 kayaknya yg ane fahami ukuran Roller vario 110 fi itu 18x14.
    Ukuran diatas bener gan ?

    Dan juga hasil muter2 ada nemu merek alternatif lain untuk vario tapi ukuran 18x3,7 dari link :
    http://www.nagata-daytona.com/index.php?page=shop.product_details&flypage=flypage.tpl&product_id=985&category_id=199&option=com_virtuemart&Itemid=58

    Klo setau ane sih merek dayt*na ya lumayan terkenal,,,besok klo jd ganti Roler mau nyobain tapi kok ada selisih 0.3mm,,,ane malah jd bingung sendiri hehe,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk lebih ke durability. secara performa tidak akan berbeda jauh. ukuran matic honda 110 FI skrg sama semua 18x14.

      Delete
  15. Gan mau tanya, aku pake Vario 125 dgn kondisi shock breaker udh dimodifikasi jd SB untuk vario model lama (jd agak pendek). Skrg lg bngung mau ganti pelek dlu atau Lebarin ban dulu. Trus harus pelek dan ban yg gmna aman dan bagusnya? Maklum gan dana terbatas.. Mohon dibantu gan but info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo mau aman velg dulu. lebih bagus langsung dua-duanya. velg sih cari yang bagus merknya kayak chemco. kalo ban pilihannya gak banyak kalo lebar banget. kalo lebar dari standar ya Michelin, Bridgestone, FDR yang bagus

      Delete
  16. Mas kmren aq bli ban belakang ukuran 90/80 eg apa terlalu kecil.trus efeknya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini beli gak sekalian pasang? cuma lbih pendek aja. gak ada efek apa2

      Delete
  17. Gan gue pake vario techno 110, berat roller standarnya brp ya sma per cvt standarnya brp rpm? Rencananya mau diganti sma roller TDR 8 gram trs per cvt nya 1500 rpm. Menurut agan gmn? Minta pendapat dan sarannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya berat standar 13gr deh. Gue kurang tau juga sih. Roller sangat ringan biasanya akan nyaman untuk mesin bore up/settingan racing. Jadi kalo mesin biasa aja turunin max 2 gr dari standar

      Delete
  18. gan kalo menggunakan velg bekas vario 125 gimn gan?

    ReplyDelete
  19. gan mao tanya nih, kalo velg chemco (ky punya ente) kan yg depan uk 2,15 trus belakang 2.50. kira kira kalo masih pake ban standar bisa ga ? rencana mau pasang velg nya

    ReplyDelete
  20. broo, motor kita sama ni, ane mau tau ukuran velg dan ban motornya..
    trus kira2 bakalan mentok kanan kiri ga nih, terutama ban belakang takut mentok sama box CVT/air filter..
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane pake velg chemco. ban depan pake 90/90 belakang 100/90, pake bekas ban PCX. gak mentok koq

      Delete
  21. bos,,ane pake Vario FI 110 nih,,,kerasa shcok nya keras banget...mau ganti shock apa ya biar empuk..
    catatan ane ga perlu shock buat ugal2an dan kebut2an...pake perkampungan yang banyak polisi tidur dan perkotaan yang macet saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. shock ori itu udah pas sih kalo buat empuk2an. kalo pake ban tubeless emang jadi kerasa keras bgt. gak banyak yg lebih nyaman dari yg ori, paling Kayaba Zeto atau shock ori X-Ride

      Delete
  22. maaf gan...aku nyari cover body samping dan mika stoplamp vario fi 110 kok susah, ke dealer harus indent lama, kasih info dong. trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dealer dimana? kalo produk langka emang jarang spare partnya. udah coba ke Dewi Sartika atau Gunung Sahari? biasanya lengkap. kalau pun inden 2 minggu

      Delete
  23. Permisi mang, numpang nanya.
    Ane pake vario 110 FI juga nih.
    Usia motor setahun sih motor tua.
    Iseng ganti ban tubless merk michelin depan 90/80 dan belakang 90/90, tapi tarikannya jadi berat yah.
    Minta info untuk naikin performa motor dong mang.
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga tubeless gan, sebenarnya performa tidak turun, coba aja top speednya bisa naik. cuma akselerasi aja yang lemot. kalo mau enteng di awal ganti kampas ganda yang custom

      Delete
  24. Gan mau tanya nih klo velg ukuran 2.50 blkang dikasi ban tubles 120 msuk gak gan???

    ReplyDelete
  25. gan klo vario cw shockny dganti ama shock vario 125 bisa ga y? kira2 performanya gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya performa itu gimana? kalau menurut gue sih nambah tinggi.

      Delete
  26. bang mau tanya... spakbor belakang itu kalo ganti harus 1 set dgn body jg?? atau bisa ganti spacbor aja?? gue baca di atas katanya nyatu sama body...
    makasih bang... :D

    ReplyDelete
  27. Maaf om... Mau nanya untuk mio m3 klo ganti ban nambah 2 step dari standar bawaan, tarikanya jadi lemot ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin lemot itu berat bannya, terutama kalo tubeless, makin besar ukuran makin berat. kalo lebar sebenarnya tergantung velg. kalo gak diupgrade, yg nempel aspal paling mentok sama kayak ukuran 90 (utk mio), jadi gak terlalu pengaruh lebarnya

      Delete
  28. Gan mau nanya,motor ane kan ane ganti shokbreaker yss, waktu di standar tengah kok shokbreaker nya mepet saringan udara ya, gapapa kah? Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Gan mo nanyak nih,kl motor sering oleng pas lewat garis2 putih djalan gitu kenapa ya ?? Apa masalah di ban atau velg nya ?? Thankz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekanan angin ban kurang pas atau permukaan ban yang tidak rata

      Delete
  30. Gan ane pakek vario 110 fi mau ganti rollernya dpin 125.. Minta pendapatnya gann

    ReplyDelete
  31. Gan mau tanya kalo velg dpn 215 blk 250 jari jari velgnya kalo pake ban ukuran standart vario aman tidak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman koq. masih dalam range yang sesuai ukuran velg

      Delete
  32. Permisi gan, mau nanya...
    Saya kan pake Scoopy kluaran 2016, rencananya sy mau ganti ban belakang sy ke IRC-560R dan velgx ttp pke yg standar. Buat pke mudik nnti. Ap itu gk ap2 yah gan?

    ReplyDelete
  33. gan maaf nih nanya,, motor gua kan beat f1 injeksi. nah kemaren gua beli ban depan merk corsa malah ukurannya 90/80. kegedean gak ya?? velg standar.
    terus kalo ban 90/80, kira2 ban belakang ukurannya brp ya??? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegedean mah tergantung org masihng2. kalo ane bilang kegedean, toh bnyk yg pake. kalo ngikutin ukuran standar kan tinggal pindahin blkg, depan danti 80/90 or 80/80

      Delete
  34. Gan mau tanya... punya ane Vario FI 110.... kipas agak ngresek..kalo diganti yg bagus ukuran standart aja apa yg lebih ringan?

    ReplyDelete
  35. Gan sorry mau tanya, kalau motor matic ku. Ban depan standar 70/80 terus belakang pake 90/90 itu nanti efeknya gimana gan? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ada efek yg macem2 sih.. cuma dpn lbh pendek aja

      Delete
  36. Gan. Numpang nanya nih... kan ukuran velg vario 125 esp ane depan 1.85 blkng 2.15... rencana mau ganti ban belakang ukuran 110/80 velg standar, trus ban belakang yg ukuran 90/90 ane pindah ke depan.. amankah menurut agan? Mksh gan

    ReplyDelete
  37. Gak mau nanya, cuma salut ama Agan Anton yg rajin jawab comment. Two thumbs up!!

    ReplyDelete
  38. Kang mau nanya dudukan baud tameng depan vario 110 fb sama beat fi sama ga ya? Saya pake beat fi mau ganti dada depan ( bodi dpn pas plat nomor) bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih beda.. kan udah banyak yang nyediain custom body depan mata 2 untuk beat. pake itu aja

      Delete
  39. Halo gan Anto..maaf mau Tanya nih..motor saya Vario 110 Fi,kalau mau pakai velg jari2 rim 14 tapak lebar bagusnya merk apa ya? Trimakasih

    ReplyDelete
  40. Gan rollernya vario 110 fi sm kyak punya apa? Rencana mau ganti yg 12 gr. Mohon penampakannya skalian. Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. FI kan yah bukan FI ESP. sama kayak beat FI dan scoopy FI gan. penampakan roller perasaan sama aja deh.. ya bulet tengahnya bolong :D

      Delete
  41. Gan nunpang nanya,nih...ane pake vario 110FI Kalo mau Ganti velg pake velg vario 150FI bisa gk Gan?

    ReplyDelete
  42. siang brur, ane mw tuker pikiran dan nanya2 nih, secara ane bru ngangkat vario 110 fl esp dan ad beberapa sektor ane rasa kurang tp ane blum paham bener ama ni motor. berikut pertanyaan ane:

    1. ban standar depan 80/90, belakang 90/90 tubeless, ane mw tuker depan 90/80, belakang 100/80 dengan velg ttp std, amankah?

    2. roller standarnya apa sama 13gr? klo diturunin jd 12 gr, apakah ada penurunan topspeed? seberapa besar perubahan tarikannya?

    3. perlu ga ane ganti per cvt pake yg 1500 RPM buat ngimbangin roller yg d ringanin?

    4. ane rasa shock belakang ane bantingannya keras dan terlalu cepat balik rebound'nya..ada solusi spy tetep pake shock belakang std tp bantingannya aga lembut?

    untuk sementara sih itu aj, thanks brur bwt jawabannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. aman gan.
      2. roller standar 15gr. kalo jadi 12 harusnya turun top speed, tapi biasanya sih gak kerasa.
      3. per cvt pake standar aja
      4. itu efek ban tubeless, bukan shocknya sih. tekanan bannya aja dikurangi.

      Delete
    2. Untuk jawaban ini ane ralat ya gan

      2. buat top speed tentunya kurang jadi agak ngambang tapi buat tarikan bawah makin mantep tergantung motor dipake kota2 atau luar kota

      Delete
    3. seharusnya bukan kota2 tp tanjakan gan hehhe... Mekanik

      Delete
    4. Kalau emang pakai ban tubeles mending pakai skok standart aja, karena emang berat itu tubeles...
      dan lebih baik pakai ban yg diagonal/tube tipe biar gak sakit perut.
      kalau loller pakai yg lebih besar, buat luar kota my trip my. urip hahha.kalau medan naik pakai loller lebih kecil kisaran 11gram lebih kecil gak apa2...
      ukuran ban tube tipe depan 90/90 karna tubeles banyak bocor nya jadi aq kasi ban dalam hixhixhix. velg standart dan blakang 110/90.100/90.110/80 atau sebaliknya karena jenis ban radial / diagonal berbeda2..

      pengalaman... saya...
      ban depan velg standart pakai 90/90 tubeles tp aq asih ban dalam hehhe biar empuk... belakng 100/90 jenis basah /diagonal/tubetipe /pakai ban dalam. gak ada merek soalnya ketemu penjual pinggir jalan... dan shock Mati atos wkwkwwk tp ya ada perubahan... di medan menantang aman di tambak aman luar kota gak trasa pas kena lubang...

      sekarang nyesel... aq ganti belakang tubelles ukuran 100/80, atos banget. akhirnya aq sadar shock aye wafat gan... aduh...
      loller udah TDR ukuran besar sekali sampai2 aq gosok pakai grinda duduk jadi pas hehhe... dan ada kemajuan larinya pas jarak 500m gas poll eh mencapai 125 rpm/kecepatan larinya... padahal vario 110 karbu wkwkwkwk... menyaingi vario injeksi 125 wow... tp khusus luar kota jarak jauh...

      udah itu aja pengalaman saya... Arek sidoarjo kancane SPEED ANAK LANANG... TONGGO NGOPI WKWKWKWK

      Delete
  43. gan kalo di ring 14 2,5 inch bisa pake 120/70 ga? d vario 110fi nyangkut ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba sih. kayaknya sih gak nyangkut. paling mepet tipis banget di shock

      Delete
  44. kalo velg diganti jarijari. rekomendasiin dong gan yg bagus merk apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue kurang favorit ama velg jari-jari, bersiinnya susah. setau gue cuma velg ori yang bagus, yang aftermarket blm nemu yang recommended

      Delete
  45. agak oot mungkin yah, lebar velg (depan-belakang) matic yamaha & honda beda atau sama? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. yamaha matic velg kecil biasanya ukuran 1,4" & 1,6", kalo yang lebar 1,6" & 2,15" (soul gt 125)
      honda matic kecil 1,6" & 1,85", yang lebar 1,85" & 2,15" (new vario 125 & 150)

      Delete
  46. kalau untuk ukuran ban blakang depan yg bagus itu 80/90 atau 90/90 ..kira" yg bagus mna ea ..
    Salam para POKERMANIA....
    Dalam Event Ulang Tahun Poker99.net situs poker online terbaik & terpercaya mengadakan
    Hot Promo Poker99.net Edisi Ramadhan :
    - Bonus Extra Deposit 10% ( Max 50Ribu )
    - Dalam 1 hari bonus hanya di berikan 1 kali
    - Maksimal bonus yang di berikan 50.000 / hari
    - Pengambilan bonus harus di konfirmasi ke live chat terlebih dahulu
    - Minimal turn over harus mencapai 3x dari nilai deposit anda
    NB : jika ada terdapat unsur kecurangan maka bonus akan kami tarik kembali

    Mari segera daftarkan diri anda dan nikmati bonus deposit nya setiap hari :)
    LINK >>> http://poker99.co/

    Jangan Lupa Memberitahukan Promo Menarik ini kepada Kerabat Anda.
    Silakan hubungi kontak kami di :
    WEB : http://poker99.net/
    LINK ALTERNATIF : http://kartu99.net/
    LIVECHAT : http://bit.ly/1TTxFqq / http://bit.ly/1WCbo4A
    FB : http://bit.ly/1TP3NJ2
    PiN BB : 5C0356AE
    WA : +669 8314 500
    YM : Poker99_cs1

    ReplyDelete
  47. Halo gan anton,mau tanya,velg vario 110 fi,sama velg vario 110 karbu sama ga?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua matic honda 110 cc (sampai saat ini), velgnya sama..

      Delete
  48. Om, mau tanya, motor saya vario 110 pgm-fi kok top speed sama akselerasi nya kurang, malah bahan bakarnya boros, gimana cara ngatasinya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua yang dibilang itu sifatnya relatif, tiap org bisa punya pandangan yang beda-beda. kalo mau objektif, sebut angkanya. top speed berapa? akselerasi 0-100m berapa detik? berapa km untuk setiap liter bensin?
      sebagai gambaran, top speed paling 90-100 km/jam. akselerasi belum pernah gue ukur. bensin 50-60 km per liter pertamax

      Delete
  49. Pagi gan, klo roller spin 12gr atau roller skywave 12gr PNP ga klo dipasang di Vario 110 fi... Rencana mau oplos selang seling 13 gr bawaan ori dr Vario sama roller spin atau skywave yg 12 gr

    Maturnuwun gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak cocok gan. beda ukurannya. itu samanya dengan vario 125. mending jangan dioplos deh. mubazir.

      Delete
  50. Mlm bang Anton. Gw mau nanya nih . Gw pake Vario 110 karbu. Rencananya mau ganti velg sama band. Klo mau ganti lbh besar dari ukuran standarnya. Kira2 pake ukuran brp untuk velg sama bannya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. velg depan paling besar 2.15" kalo belakang ada yang 2.5", 3.0" dan 3.5" (yg 3.5 kayaknya harus ubah dikit deh biar gak mentok sana-sini.
      ban depan 90/80, belakang sepertinya max 120/70 (velg 3.0" ke atas)

      Delete
  51. Ane kan mau beli ban tapi yg lebih besar dari ukuran standar . Minta saranya dong ,ban untuk velg standar vario 110fi bagusnya make ukuran berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mah subjektif gan. ane mah lebih suka belakang pake 90/80 atau 80/90 kalo pake velg standar. tinggal pilih aja kalo mau lebih besar, toh pilihannya cuma 100/80 atau 110/80

      Delete
  52. Mas untuk kampas ganda vario 110 lama apa bisa diganti kampasnya aja ? Karena bengkel selalu nawarin yang plug and play alias dah jadi ama rumahnya, maklum lagi mepet budgetnya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa donk. gue cuma ganti kampas ganda doank koq.

      Delete
  53. gan roller standat vario 110esp iss brapa ya

    ReplyDelete
  54. Kalau vario 110fi dipakein knalot racing termignoni itu ada pengaruhnya buat mesin atau tidak ?

    ReplyDelete
  55. Mas ane rencana mau gnti velg chemco
    Velg depan 2,15 belakang 2,50
    Nah depan ane pake 90/90 belakang bagusnya brp y? Motor saya vario 125 cbs iss

    ReplyDelete
  56. Mas ,kalo leher knalpot beat karbu dipasang di vario110fi itu bisa masuk ke lubangnya nggak mas ?

    ReplyDelete
  57. Vario 125 cbs iss
    Ban 14 ring 2,15 ban depan 90/90 , ban belakang 110/80
    Masi aman? Klo roller dan cvt ane std rsk ke mesin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aman sih aman. paling depan agak gak nyaman. Roller dan per-CVT-an nya lebih cepet aus aja. kerjanya jadi lebih berat. biasanya sih rollernya diganti yang lebih ringan

      Delete
  58. Agan anton mau nanyaa,,brusan aku beli vario yg fi cbs iss 2016 dan bru turun dri dealer lgsg aku gnti filter ferrox,roller 12gr dan per cvt 1500...menurut agan aman kah??atau untk acelerasi uda pas kah...mohon pencerahan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 110 or 125 or 150?
      kalo udah dibeli mah, pake aja gan. nnti kalo udah bosen baru ganti lagi

      Delete
  59. Gan mau nanya motor vario 110fi saya kalau dipencet klakson nya mesin malah jadi kaya tersendat bahkan mesinnya mati dan motor kadang2 susah hidupnya. Padahal udah ganti aki. Solusinya gimana?

    ReplyDelete
  60. Gan, roller bawaan Honda yg 11 atau 12 gr dan per CVT yg cocok untuk Vario 110 eSP apaan ya?
    Soalnya mau pakai yang after market takutnya cepet peyang.
    Kalau misal pakai punya Beat cocok ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. esp bukannya 15gr ya. Rollernya agak beda dengan yg FI meskipun bedanya sangat tipis.. per CVT mah gak usah ganti. kalo saran ane mah ganti kampas ganda aja. yang laen standar

      Delete
    2. Ganti kampas ganda punya apa,Bang? Vario 125?
      Efeknya di tarikan awal atau top speed?

      Delete
    3. kampas ganda custom gan. pake punya ori nya juga bisa.

      Delete
  61. Om tanya dong
    Shock kayaba yg cocok & nyaman buat vario 110 cw yg type apa ya?
    Kisaran harga berapa ya?
    Thnks

    ReplyDelete
  62. Gan mau tanya roller saya 10 gr motor sama vario 110Fi jika mau di mix untuk roller besarnya itu ukuran berapa ya kira2.?

    ReplyDelete
  63. vario 110 fi klo kaca lampu pecah, mikanya doang bisa diganti gk ya? mahal jg klo ganti 1 set

    ReplyDelete
  64. Kalo pake velg vario 150 fi bisa ga?

    ReplyDelete
  65. bang vario 110 fi yg 2015 bisa di jadiin esp ga????

    ReplyDelete
  66. Bang Anton mau tanya, kalo velg VarioF1 di tuker sama velg ScoopyF1 yang silver kira kira bisa engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa donk. semua matic honda 110 cc velgnya bisa saling tukeran

      Delete
  67. Gan. Misi ane awam banget nih mau nanya. Rencana pgn ganti velg aftermarket buat scoopy fi 2014. Denger2 sih chemco oke build qualitynya, r14 215-250 bisa pnp kan ya? Tapi ada jg sih delkevic r14 215-300, gitu masih muat gan di scoopy fi pnp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 215-250 yang ane pake itu. kalo 215-300 masih cukup kalo blkg 120/70, mepet dikit di shock

      Delete
  68. mas, dengan velg standar vario 110 fi esp itu maksimal ban depan dan belakang ukuran berapa? skrg saya pake yg standar, pgn upgrade 1 tingkat diatasnya utk ban depan dan belakang.

    yg kedua, letak receiver dan buzzer answer back systemnya dimana ya? saya beli vario 110 fi esp seken soalnya dan ada stiker remotenya dibawah rumah kunci, pas tak tanya ke pemiliknya katanya ga ada atau entah krna pemiliknya sdh tua jd tdk tau atau tidak diberi oleh honda utk remotenya. Klo ada, kan saya tinggal beli remotenya saja di honda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan max 90/80, belakang bisa 120/70 tapi enaknya sih jgn lebih besar dari 100/80,

      remotenya itu cuma dikasih satu di kunci originalnya, kunci serep gak dikasih. kayaknya harus ganti satu set deh.

      Delete
    2. untuk ukuran idealnya ban vario berapa ya mas utk depan dan belakang jika ingin naik 1 tingkat?

      Delete
    3. kalau mau ideal ya sesuai standar donk. kalau udah naek tingkat udah gak ideal.

      Delete
  69. Mas, shock vario 110 fi standar rasanya terlalu empuk reboundnya kalo buat boncengan. Pengen ganti yang agak stiff, rekomendasinya merk apa mas dan estimasi harganya kira2 berapa?

    Kedua, spion rhizoma tomok itu rekomended ngga mas kalo dipake?

    ReplyDelete
  70. mau nanya gan, ane make vario cw 110 shock depan yg custom (entah lupa merek apa) nemu problem seal sering bocor, dganti bocor2 trus, jadinya shock depan terasa kaku sekali. shock depan yg ane pake sekarang ditambahi ring kanan kiri biar ngepas, apa mungkin bukan shock untuk vario yg dksih bengkel? ada recomend shock apa enaknya untuk vario cw gan? ato mesti make shock orinya ja-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ori kecuali aftermarketnya merk yg udah terpercaya kayak ohlins

      Delete
  71. Numpang tanya mas...tinggi shock new vario 110 itu standartnya brp ya ?
    Soalnya saya mau tinggiin biar bisa sama kayak vario techno...
    And klo vario techno itu tinggi shocknya brp ?

    Makasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. vario 110 sekitar 300mm kalo vartech 125 sekitar 320mm. pake shock ori vartech aja.

      Delete
  72. Bro, vario ane 125 fi (2015) velg belakang lebar 2.50" + ban belakang 110/80-14. Mau dipakein shockbreaker yss (non tabung) mentok ga ya pinggiran bannya? Hatur nuhun

    ReplyDelete
  73. Mas maaf nih nanya, motor ane vartech 110. Kl dr polisi tidur digas lg sll kaya nyrndat nyendat gt, itu apanya ya mas? Ganti sparepart apanya? Trs saranin jg dong bwt roller. Roller ane standart, pingin bwt jalanan nanjak enak tp topspeed ga hilang hilang amat. Thanks mas mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyendat2 kayak motor kopling aja. coba cek kampas ganda, udah abis kali. roller turuin 2 gr aja. vartech standarnya 13 gr bukan?

      Delete
  74. 110 gan yg doff,,oli uda pake motul scoter tp msh kurang tenaga kira2 kurang apa lgi ya gan,,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue gak hapal gan, yg doff itu keluaran yg mana.. kalo motul scooter mah biasa kecuali yg full sintetis, which is udah gak ada yg jual. oli pake fastron gold. kampas ganda ganti yg modif atau racing. rollernya turunin 2 gr.

      Delete
  75. bro gan gw pake vario 110fi 2014 (1st gen led) , kmaren" iseng ganti roller brt sz 9gr. lumayan lah. tapi coba" lg ganti per cvt ktc 1500rpm skalian per kampas ktc 1500gr gilee nih motor udah berasa kaya angkut beras 1ton. akhirnya gw lepas lg per kampas gandanya, jd agak ringan tp msh agak berat, mungkin efek per cvt 1500rpm nya yg blm dilepas (ganti ori) kali yak? kira" yg enak utk akselerasi brp-brp ya gan? mungkin bisa ksh pencerahan. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. roller 11gr. kampas ganda ganti aftermarket atau custom

      Delete
  76. Assalamualaikum mas
    saya pengen ganti velg racing vario 110 fi saya ke velg jari jari,
    mohon rekomendasinya untuk ukuran velg yang sesuai dan merk velgnya yang bagus apa?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. velg jari2 ring 14 kan. depan 2,15" belakang 2,5" aja. kalo merk gue gak tau.

      Delete
  77. Brooo... Ceritanya gua lg pake vario 110.. Trus uda pernah ganti shock blkg (ganti beat punya krn kata si bengkel sama), trus gua br aja ganti ban blkg uk 110/90.. Alhasil kalau kebanting cukup kenceng, ban gesekan sm spakboard dlm.. Trus shockbreakernya empuk bgt.. Jd klo boncengan pas ngebanting, yg duduk belakang bs sakit bener punggungnya.. Kira2 enaknya ganti shock apa nih bos? Sempet kepikir ganti shock yss hybrid dtg 330mm.. Ketinggian gk ya? Atau lebih baik yg vario 125 punya? Tp empuknya sama beat sm gk ya? Ato keras si vario 125 punya? Tolong suhu pencerahannya..

    ReplyDelete
  78. Bang ane mau nanya dong, kebetulan ane pake vario 110 fi cbs terus roller ane ganti 10 gram dan per cvt ane ganti 1500rpm, pulley ane bubut, ban depan masih bawaan pabrik cuma ban belakang udah ganti tubeless. Pertanyaan ane tarikan awal berat dan agak sedikit nahan di akselarasi tengah, itu karena roller terlalu ringan atau per cvt nya terlalu berat. Mohon bantu masukannya, thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu semua ganti bersamaan ya. kayaknya ban tubelessnya deh. kan emang lebih berat.

      Delete
  79. Iya bang.. Tapi roller 10g pake cvt 1500 itu udah pas blm ? Soalnya ane rencana mau beratin roller 12 terus per cvt nya 1200. Menurut ente gimana bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane sih gak maenin per cvt. turunin roller 2gr dan ganti kampas ganda yang kualitas lebih bagus.

      Delete
  80. Kampas ganda merk apa dan kira kira harganya berapa

    ReplyDelete
  81. Bang mau tanya dong, Saya pake vario 110 techno non cbs keluhannya gak kuat nanjak dan top speed waktu nanjak cuma 45-50 aja, apa karena kebesaran ban ya ?? Saya depan 90/90 Belakang 110/80 kira2 solusinya apa ya ??

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak kuat nanjak itu relatif sih, bisa tergantung kemiringan nanjaknya plus gimana narik gasnya juga. kalo ban sih udah banyak yang pake segitu. ringanin aja rollernya, kampas ganda dicustom, oli pake yang encer seperti PFG, plus bensin jgn lupan min RON 92

      Delete
  82. Gan, kalau bodi Vario Tecno bisa ngga di pasang di Vario 110fi 2015

    ReplyDelete
  83. Gan ane pake vario 110 old atau yg pertama, knapa ya sok depannya amblas atau terlalu empuk... Ya

    ReplyDelete
  84. Om... Mau nanya nih
    Vario 110 esp saya kan shock belakangnya mau tak gantu ukuran 33cm merk yss dtg.
    Bagusnya kira2 kasih undur-undur enggak ya?

    ReplyDelete
  85. Gan velg jari2 buat vario 110fi bagusan mrek apa y dan ukuran velg bawaan standar ukuran depan blakang brapa ya

    ReplyDelete
  86. Om mrek velg untuk vario 110fi bgusan merek apa ya
    Dan ukuran velg depan dan belakang by brapa y

    ReplyDelete
  87. Misi gan mau nanya, ane pake vario 110 fi nah rencananya mau ningkatin akselerasi kan ganti roller itu bisa nurunin top speed brp? Lalu harga nya 70k itu satu set ato gmn? Mksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, ane gak ngitung turun ampe berapa. harganya satu set 6 roller.

      Delete
  88. gan.. mtor ane vario 125 yg lama, kluaran 2013.. mw pke velg ky agan, velg ori blkg ancur kena lubang..

    ban dpn TT 80/90-14
    ban blkg TT 90/90-14
    bisa? aman?

    ReplyDelete
  89. gan mau nanya, body vario karbu sama vario 110fi sama ga ya bisa pnp? ane mau ganti body jadi vario lama.

    ReplyDelete
  90. Gan sorry mau tanya gue pake motor sama yg agan pake..
    Kalo ukuran ban nya depan belakang sama amankah??
    90/80 ke2nya..
    Thanx gan..

    ReplyDelete
  91. Kalo buat vario 110 lama gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. vario 110 lama dan FI relatif sama beda di body aja

      Delete
  92. Siang bang...
    Mau nanya soal upgrade velg lebar vario 110 kalbu (semua standard dealer)
    Rencana mau ganti velg lebar
    Depan 2.15 ring 14 ; ban 90/80 (tubeless)
    Belakang 2.50 ring 14 ; ban 110/80 (tubeless)
    Info yang saya dpt,klo ban tubeless katanya tarikan motor jadi berat.
    Pertanyaannya:
    1. Spek velg dan ban yang saya infokan apakah sudah sesuai rekomendasi??
    2. Agar tarikan motor bisa ringan ato seperti standard harus gmn? Atau apa lagi yang harus diganti??
    3. Pake ban tubetype bisa? Dan apakah tarikan motor tetap standard??
    4. Merk velg dan ban yang recomended apa??

    Thx sblmnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yap
      2. roller pake yang lebih ringan. kampas ganda pake yang relining. ya paling enak ya bore up
      3. bisa. tarikan lebih ringan dibanding tubeless
      4. velg: chemco. ban: battlax or pirelli

      Delete
  93. Assalamualaikum..
    Gan mau nanya kalo ganti roller racing kayak merk tdr, brt atau kawahara ngak ada efek buruk nya ke part ori lainya ngak. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk gak ngaruh. ukurannya biasanya yang ngaruh. yg lain lebih cepet aus aja kalo roller lebih ringan

      Delete
  94. velg vario 110 th.2010 diaplikasikan ke vario 150 th.2015 bisa gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa gan yang belakangnya. kalo depan kayaknya bisa deh

      Delete
  95. Gan,mau tanya, aq baru ganti slongsing shock depan 1set vario fi110, 2hari kemudian ko ga enak banget ea,kalo ada jalan ga enak,apa oli atau shocknya ga beres ea

    ReplyDelete
  96. gan ane mau nanya.. ane suka pegel naik honda 110 fi ane.. terutama belakang ane dan pantat... apakah ane harus ganti jok lebih empuk atau ganti shock breaker atau ganti 2 2 nya? perasaan sih shock breaker ok ok aja karena butuh untuk stability karena kan keras tuh shock belakang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pegel mah ganti motor. atau stangnya tinggiin deh jadi kayak moto racer.

      Delete
  97. Gan mau nnya,untuk vario125 kalo ban belakang pake ukuran110/90 dgn vleg standar,kira2 mentok g y?
    Ban depan pake 100/80 klo ngrem spakbor kena g y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang belakang beneran segitu ukurannya? merk apaan?
      yg depan kena di fender yang bawah

      Delete
  98. Gan.. tanya dong..
    Saya pake VARIO F1 110. Kemaren habis ganti ban belakang tubeless IRC 110/90 dan ban depan tubeless IRC 90/90. Velgnya standard semua. Tampilnan jadi kece. Tapi jadi keras banget suspensi nya. Kayaknya kalo ganti ban lebih gede emang kudu ganti suspensi depan & belakang ya?

    Kira2 shock depan & belakang yang pas dan empuk apa ya? Kira2 butuh budget berapa?
    Ditunggu jawabannya ya gan..

    Makasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya lebih karena bobot bannya sih. jadinya ngebantingnya lebih keras. belum pernah nyoba shock sih, kalo belakang coba kayaba atau ktc exreme atau yss g plus. kalo depan kayaknya harus custom.
      btw. ban IRC 110/90 tipenya apa gan?

      Delete