Oli Motor New Megapro

2 comments
Setelah bahas ban buat New Megapro, sekarang bahas oli ah. Walaupun gue gak ahli-ahli banget masalah motor, tapi gue coba share apa yang telah gue alami.

1. MPX-1 SAE 10W-30. Oli standar honda yang gak pernah gue pake buat new megapro. Denger-denger sih gak enak buat motor sport.

2. SPX-1 SAE 10W-30. Oli standar honda yang full synthetic. Cukup nyaman dan banyak yang puas sama oli ini. Ingat, oli motor tergantung ridernya, tiap orang beda-beda rasanya. Kalau gue sih oli ini cukup bagus, akselerasi dan tarikan enteng. Cuma gue ngerasa ini oli "cepet abis"nya. Paling 2000km mesin udah terasa kasar. Oli ini tergolong oli encer (SAE 10W-30) jadinya perpindahan gigi juga agak kasar, wajar. Berhubung SPX-1 sebagai rekomendasi oli honda cukup terbatas pasokannya, banyak yang nyari versi aftermarket (di luar standar honda). Sayang banget sih sebenernya, SPX-1 bisa dibilang banyak yang nyaman pakenya. Gue pernah mau ganti oli SPX-1 tapi ternyata lagi kosong, akhirnya nyari oli lain deh.

3. Shell Advance AX7 SAE 10W-40. Oli semi-synthetic. Nah, nemulah oli rekomendasi lain ya yaitu AX7 dari Shell. Ini gue pilih karena punya tingkat kekentalan yang mirip dengan SPX-1. Gue lama pake oli ini, soalnya daya tahannya lebih lama dibanding SPX-1. Kekurangannya cuma 1 menurut gue, mesinnya cepet panas, harus hati-hati kalau pake oli ini. Ntah karena emang olinya atau settingan lain yang berpengaruh. Tapi bagi yang susah cari SPX-1 mending cari AX7 ini, sangat banyak berada di pasaran.

4. Motul 3100 Gold 15W-50. Gue mencari alternatif oli lain yang gak terlalu encer dan semi-synthetic. Mengingat sang NMP sudah mulai menua. Biar lebih smooth, gue mencari yang lebih kental dan sudah banyak yang pakai. Akhirnya memutuskan mencari motul. Rekomendasinya sih sebenarnya Motul 5100 ester, namun harganya di atas 100rb. Karena pengen nyicip dulu, nyoba motul 3100 gold dulu. Dan ternyata memang enak pakenya, lebih smooth dan mesin juga gak panas kayak pake AX7. Karena puas pake ini mungkin berikutnya gue pake Motul 5100 Ester 15W-50 tapi ada yang 10W-40 juga.

Itu beberapa yang pernah gue pake buat New Megapro. Ini juga sama berlaku buat motor sport honda lain seperti Verza dan CB150R. Ada oli lain sih yang rekomendasi yang belum pernah gue coba yaitu Enduro Racing punyanya Pertamina dan BM-1. Keduanya full-synthetic.


-------------------------
update (23 Des 14): paling enak dan pas pake motul 5100 ester 10w-40. Gak panas kayak AX7, jauh lebih smooth dari SPX-1, dan lebih enteng dibandingkan versi 15w-50

2 comments :

  1. Jadi harus pas memilih oli motor sesui dengan tipe oli shg akan memperoleh Oli Motor Terbaik

    ReplyDelete
  2. Pencerahanx gan kalo NMP pkai MOBIL Extra 4T gmn yc coalx ane mau nyoba2 dulu kbtln ada yg kasih neh ?

    ReplyDelete