Bahas Prediksi World Cup 2014 Brazil

Leave a Comment
Gue emang sering banget nyatetin segala hal tentang piala dunia (World Cup). Hal ini sudah gue lakukan sejak 2002, walaupun catetan gue ilang semua. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya World Cup 2014 yang diselenggarakan di Brazil ini, gue catet semua terutama tentang hasil akhir seperti babak group dan penyisihan.

Tahun 2014 ini gue iseng melakukan prediksi siapa saja yang bisa terus melaju sampai babak final. Awalnya gue pengen prediksi dari babak group, tapi mengingat dari tahun 2002 (setelah tahun millenium), babak group gak pernah bener hasilnya. Maksudnya, terlalu banyak hal di luar dugaan gue dan kebanyakan orang. Contoh tahun 2002 juara bertahan Prancis cuma ada di paling bawah klasemen group atau Kroasia yang gak bisa lolos di 2006 padahal seharusnya mudah. Oleh karena itu, gue mulai prediksikan mulai dari babak penyisihan (Knock-Out).

Berikut prediksinya:
Ini gue lakukan ketika babak group baru saja selesai. Memang telat sih gue upload ini ke blog. Tapi mending terlambat daripada fitnah.

Gue mulai prediksi dari babak penyisihan supaya gue punya bayangan awal kelanjutan dari world cup itu sendiri. Maklumlah, orang statistik emang butuh data paling update. Kalau udah keliatan dari babak group, gue bisa melihat kekuatan masing-masing tim ketika berlaga di udara panas kayak Brazil. Habitat kan berpengaruh. Sama seperti World Cup 2014, yang bisa adaptasi cepat bakal bertahan lebih lama.

Secara umum, menebak siapa yang lolos perempat final tidak terlalu sulit karena gue melihat yang jadi juara group cukup superior penampilannya. Walaupun ada tim tidak terduga yaitu Kosta Rika. Praktis hanya Brazil vs Chile, Kosta Rika vs Yunani, dan Belgia vs USA yang bisa dikatakan berimbang. Namun, gue melihat para juara group ini masih mampu lolos ke babak selanjutnya walaupun harus dengan penuh perjuangan.

Prediksi semakin sulit saat ingin menentukan siapa yang akan lolos semifinal. Kita aka bahas satu persatu. Brazil vs Kolombia. Brazil sebagai tim tuan rumah merupakan unggulan untuk menjuarai turnamen ini. Hampir tidak ada hambatan dari Brazil untuk sampai babak perempat final. Hanya Meksiko yang mampu menahan imbang Brazil. Banyak yang mengkhawatirkan Brazil bisa kalah ketika melawan Chile, mengingat performa Chile dari babak kualifikasi sampai fase group yang cukup mentereng bahkan mengalahkan juara dunia Spanyol. Namun, Brazil mampu mengatasi Chile pada akhirnya. Sedangkan Kolombia digadang-gadang sebagai kuda hitam turnamen tahun ini. Dengan mengandalkan bintang muda James Rodriguez, Kolombia jelas bukan lawan yang mudah bagi Brazil. Apalagi Kolombia melewati fase group dengan sangat mudah. Gue memang melihat pertandingan sulit diprediksi, tapi gue prediksi Brazil tetap lolos ke fase selanjutnya. Hal ini dikarenakan tim Kolombia kalah jauh dari segi pengalaman dibanding Brazil. Secara permainan mungkin Kolombia boleh unggul dari Brazil tapi faktor tuan rumah dan pengalaman berbicara lebih banyak.

Perancis vs Jerman. Partai sesama tim Eropa yang berkembang sangat baik selama turnamen. Perancis yang awalnya tidak diunggulkan justru membalikkan keadaan dengan menjadi juara group dengan sangat mudah. Di sisi lain Jerman, harus berjuang sampai partai terakhir untuk menentukan siapa yang lolos dari group. Sebenarnya dari keseluruhan partai perdelapan final, Perancis lah yang mampu maju ke perempat final "paling mudah" dengan mengalahkan Nigeria 2-0. Hanya saja Perancis seperti tidak beruntung harus bertemu Jerman di perempat final. Sudah menjadi hal umum di piala dunia bahwa Jerman adalah tim spesialis turnamen. Dengan generasi emas Bayern Muenchen yang sedang dalam usia optimal untuk pemain sepakbola, akan sulit bagi Perancis menandingi Jerman. Pertandingan ketat jelas akan terjadi, Jerman hanya unggul di kolektivitas tim yang memang "satu angkatan".

Belanda vs Kosta Rika. Kesulitan dari memprediksi pertandingan ini terletak dari faktor Kosta Rika yang terlalu jauh melangkah. Gue sendiri masih bertanya-tanya apakah Kosta Rika layak sampai perempat final melihat hasil selama turnamen yang terlalu surprise. Beruntung mereka hanya bertemu Yunani di perdelapan final. Mungkin gue tidak dapat memprediksi apakah Belanda dapat mudah melewati Kosta Rika atau tidak, yang gue yakini adalah Belanda akan lolos ke babak selanjutnya.

Argentina vs Belgia. Argentina harus bertemu setan merah di perempat final. Walaupun menurut gue Argentina akan lolos tapi jelas sekali tidak akan mudah melewati Belgia. Walaupun penampilan Belgia tidak terlalu memuaskan, secara materi tim Belgia bisa dibilang cukup komplit dengan banyak pemain yang menjadi andalan di klub besar Eropa. Hanya saja untuk tahun 2014, Belgia cukup sampai perempat final.

Beranjak ke semi final, pertandingan ideal turnamen ini terjadi. Banyak yang bilang inilah turnamen terbaik. Dengan banyaknya kejutan terjadi mulai dari tersingkirnya juara dunia Spanyol di babak group sampai Kosta Rika yang sulit dikalahkan. Kejutan yang terjadi tidak membuat tim-tim yang dianggap terbaik saat ini untuk sampai semi final. Artinya Brazil, Belanda, Jerman, dan Argentina dianggap tim yang pantas sampai sejauh ini.

Brazil vs Jerman. Secara materi Jerman unggul menurut gue. Brazil sekalipun superior, mereka tidak memiliki pemain playmaker dan jangkar yang mumpuni seperti Schweinsteiger dan Kroos di Jerman. Brazil hanya unggul di individual skill dan faktor tuan rumah. Namun, rasanya faktor itu tidak cukup untuk menahan Jerman ke Final.

Belanda vs Argentina. Belanda masih penasaran untuk menjadi juara dunia. Terakhir mereka hanya kalah tipis dari Spanyol. Jelas Belanda akan sangat ngotot sekali ke final. Masalahnya Belanda harus bertemu Argentina yang sudah lama sekali tidak sampai semifinal. Secara materi kedua tim berimbang, namun Argentina didukung pemain-pemain asli Amerika Latin yang sudah biasa udara di Brazil. Sehingga gue melihat Argentina lebih layak masuk final.

Sebenernya dengan performa yang ada dan kualitas tim Jerman, Argentina, dan Belanda layak di final. Sehingga prediksi juara 3 yang akan muncul menurut gue adalah Belanda. Brazil belum mampu menyaingi tim seperti Belanda.

Final ideal menurut gue tercipta, Jerman vs Argentina. Ini menjadi puncak kesulitan dari memprediksi pertandingan World Cup 2014. Gue secara pribadi memang kagum dengan perkembangan sepakbola Eropa yang jauh meninggalkan Amerika Latin. Tapi di sisi lain banyak pemain Argentina yang "sekolah" di Eropa seperti Messi. Sehingga rasanya kualitas pemain Argentina menjadi setara Jerman yang dikatakan sebagai tim paling solid saat ini. Gue melihat Jerman unggul di lini tengah yang super solid sementara Argentina tajam di lini depan. Argentina memang tidak terlalu super secara performa di group. Hanya saja gue melihat Argentina satu-satunya yang bisa menaklukkan Jerman. Sehingga prediksi gue Argentina akan juara dunia untuk tahun 2014.

Untuk top skor, gue rasa James Rodriguez akan bisa meraih sepatu emas. Sementara pemain terbaik mungkin akan diperoleh Toni Kroos.

*prediksi dibuat setelah babak group berlangsung, hanya saja tulisan ini dibuat setelah babak semifinal usai.

0 comments :

Post a Comment