Kosa Kata Ajaib

1 comment
Perpindahan atau migrasi (yaelah) gue dari kota kelahiran Bandar Lampung ke kawasan perkuliahan gue di Bogor yang selanjutnya banyak berkutat di Bekasi-Jakarta, ternyata membuat gue mengalami berbagai kejadian jet-lag (padahal perginya gak pake pesawat). Proses perubahan lingkungan sangat terasa karena budaya antar pulau ternyata beda jauh. Salah satu hal yang paling mencolok adalah kosakata. Padahal selama gue di Bandar Lampung, gak pernah pake bahasa Lampung buat keseharian ataupun bahasa Jawa sebagai bahasa bokap. Artinya gue memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu dan bahasa itu memang lebih populer untuk masyarakat Jabotabek dan sekitarnya. Namun, ternyata persamaan dari segi bahasa tidak menjamin semua kata yang diucapkan dapat dimengerti di masyarakat di pulau lain.

Berikut adalah beberapa kata yang dapat gue inget yang ternyata tidak ada di kamus masyarakat Jabotabek pada umumnya tapi menjadi keseharian gue di Bandar Lampung:
- Kitaorang artinya kita (cuma ditambahin 'orang' doank, tapi terdengar aneh ternyata di Jabotabek)
- Kamuorang artinya kalian (ini seperti di atas, namun 'orang' digunakan sebagai bentuk penjamakan)
- Basing artinya TERSERAH!!
- Dicup-in artinya minta tolong di take-in (biasanya buat tempat duduk, ini aja gue gak tau bahasa Indonesianya apaan)
- Mutung artinya gosong alias proses penggorengan yang kebablasan
- Cimit artinya pause atau minta rehat sebentar (biasanya digunakan saat bermain)
- Kates artinya pepaya
- Nyumput artinya ngumpet. Maen petak umpet biasa disebut maen sumput-sumputan
- Aleman artinya manja

*tambahan dari istri
- Telekung artinya mukena
- Kayakmana artinya gimana
- Geh artinya (gak ada artinya, cuma buat tambahan di akhir kalimat)

*yang lain belum inget, publish dulu sambil nginget

1 comment :

  1. bantu nginget mas anton, ada beberapa lagi ni yang biasa dipake orang lampung tapi gak umum di jabodetabek:
    - 'geh artinya gak ada (cuma sering diucapin di akhir ucapan)
    - kayamana artinya gimana (cuma kedengerannya kaya kek'mana)
    - telekung artinya mukena (ada di KBBI tapi gak umum digunakan)

    *udah sementara bantu nambah 3 dulu ya

    ReplyDelete