Twitter

Leave a Comment

Twitter merupakan salah satu social media populer yang bisa dibilang mampu menggemparkan dunia. Lewat fitur "Trending Topic", seluruh dunia dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakan manusia-manusia di dunia. Berbeda dengan Facebook, twitter memiliki banyak sekali aplikasi untuk mengaksesnya, hal ini dikarenakan banyak yang mengembangkan aplikasi buat twitter. Dengan aplikasi tersebut, twitter relatif sangat mudah diakses dimana pun dan kapan pun. Mulai dari webnya sendiri, versi mobilenya, sampai lewat aplikasi di smartphone. Gue sendiri bergabung dengan twitter pada 28 Februari 2009, semenjak twitter diberitakan di salah satu stasiun TV Indonesia dengan nama akun [at]kisworo (pollow ya).

Berikut fitur-fitur yang ada di twitter:

1. Timeline

Merupakan homepage-nya twitter. Setiap aplikasi twitter pasti memiliki timeline. Timeline berisi semua tweet dari setiap akun yang kita follow.

2. Tweet

Nge-post di twitter terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu Post a Tweet, Reply Tweet, Retweet, dan Retweet with comment.
a. Post a Tweet merupakan fitur share status biasa yang ada di social media. Bedanya post di twitter dibatasi hanya 140 karakter. Kemungkinan besar alasan karakter dibatasi adalah alasan yang sama kenapa sms hanya 160 karakter.
b. Reply Tweet merupakan fitur membalas/mengomentari terhadap suatu tweet. Ketika reply tweet, maka tweet sebelumnya tidak terlihat lagi. Untuk melihat tweet sebelumnya user dapat memanfaatkan fungsi yang ada di aplikasi masing-masing. Di twitter versi resmi, kita dapat melihat tweet sebelumnya dengan mengklik in-reply-to-user atau ada juga di aplikasi lain View Conversation.
c. Retweet merupakan fitur untuk menshare tweet yang diinginkan secara langsung kepada semua follower tanpa memberikan komen apa pun. Artinya share tweet orang lain secara original.
d. Retweet with comment merupakan nge-tweet dengan menggunakan tweet user lain kemudian diberikan komen. Biasanya ditandai dengan adanya huruf RT sebelum tweet aslinya atau tweet asli diberi tanda petik.

3. Mention

Mention merupakan fitur dimana kita dapat 'memanggil' user tertentu dengan tanda @ dan diikuti nama user. Kalau user diprotect dan user tersebut tidak mem-follow yang mention, maka mention tersebut tidak akan masuk ke dalam mention si user.

4. Search

Fitur yang ajaib. Banyak sekali kegunaan bagi yang mengetahuinya. Gue termasuk salah seorang yang memanfaatkan fitur ini. Fitur search dapat mencari semua tweet di seluruh dunia dengan suatu keyword. Karena fungsinya bisa mencari seluruh tweet, maka fungsi search ini sudah seperti layaknya google versi waktu artinya kita bisa mencari sesuatu untuk saat ini misalnya kemacetan. Fungsi ini sudah berjalan dengan baik mengingat twitter sudah ramai digunakan di seluruh dunia. Sehingga ketika mencari suatu jawaban bisa lewat twitter.
Bagi yang suka stalking, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk melihat siapa saja yang mention untuk suatu user, ketik saja @namausernya. Maka akan keluar seluruh mention yang masuk ke user tersebut. Satu catatan penting, search tidak berlaku bagi tweet yang usernya diprotect.

5. List

List merupakan kumpulan user-user yang kita inginkan dimasukkan ke dalam suatu grup tersendiri. Fungsinya mirip seperti grup di Facebook. Namun, jelas fungsinya sejalan dengan aplikasi twitter, yaitu ketika menjalankan suatu list maka kita akan melihat tweet khusus untuk user yang ada dalam list tersebut. User yang ada dalam list tidak perlu kita follow.

6. Favourite

Mirip tombol like di Facebook. Tapi agak lebih canggih, karena setiap tweet yang di favourite akan tersimpan dalam menu tersendiri, layaknya menyimpan file di komputer. Sehingga kita dapat melihat kembali tweet tersebut kapan pun. Kumpulan favourite dari suatu user dapat dilihat oleh semua pengguna twitter.

Sekian fiutr-fitur yang penting di Twitter dan gue rasa banyak yang belum memanfaatkannya.
Salam @kisworo

0 comments :

Post a Comment