Motor Sport Touring Idaman

1 comment
Kayaknya gue lagi seneng nulis tentang motor nih. Gpp lah ya. Toh, gue lagi jarang nulis selama 2014, nah pas 2014 segmen motor sport lagi gila-gilanya ni. Gila produksi dan konsumsinya. Masyarakat menengah atas Indonesia yang meningkat membuat produsen motor sport memproduksi banyak model baru. Diawali kemunculan CB 150R, Verza, dan New Vixion Lightning di 2013 yang cukup menggebrak, 2014 hadir New Mega Pro FI, New CBR 250R, Z250SL, Ninja RR 250 Mono, R15, dan R25. Makin banyak pilihan buat konsumen di segmen ini. Diri gue pribadi sebenernya membagi lagi segmen sport ke dalam dua bagian seperti yang dilakukan Kawasaki yaitu segmen sport touring dan sport.

Nah, sebenernya gue sih lebih suka sport touring karena gue gak suka balapan yang memang ditujukan di segmen sport. Untuk sport touring terdiri dari, New Mega Pro, Tiger, CB 150R, Verza, Vixion series, Byson, dan keluarga Z series Kawasaki. Sementara untuk sport ada CBR series, R series, dan Ninja series. Kalau di luar negeri sih segmen sport touring Yamaha ada MT series, sayangnya tipe ini tidak masuk ke Indonesia.

Perbedaan mendasar sport dan sport touring menurut gue lebih ke kenyamanan si pengendara motor. Kalau secara tampilan paling keliatan, sport touring pakai stang flat bar sedangkan sport biasanya pakai stang jepit. Dengan kondisi stang tersebut maka posisi pengendara sport akan lebih menunduk dibandingkan dengan sport touring. Sehingga sport touring akan lebih nyaman jika berkendara jauh.

Dari berbagai sport touring di Indonesia, gue pribadi merasa tidak ada model atau tipe yang benar-benar sempurna sebagai motor sport touring. Ini mungkin terkait strategi marketing juga kali ya, kalau perusahaan ngeluarin produk yang gue dambakan, mungkin mereka jadi minim inovasi. Yang gue dambakan adalah perpaduan dari berbagai model yang sudah beredar. Berikut rincian yang gue dambakan:
1. Mesin, desain blok mesin, dan jok  CB 150R
2. Stang New Mega Pro FI
3. Knalpot New Mega Pro Karbu
4. Tangki, fairing, dan footstep New Vixion Lightning
5. Headlamp, velg, dan ban Byson
6. Buntut Z250
Itu secara gambaran kasar aja sih, kalau gue jago gambar mungkin udah gue visualisasikan. Tapi kalau secara tampilan, gue sangat mendambakan model Z250 yang keluar tahun 2013. Sempurna secara tampilan. Hanya kekurangannya mesinnya terlalu besar, bobot juga besar, dan fitur tidak seperti Honda (kunci magnet). Jadi, intinya kalau ada motor tampilan Z250 mesin 150 cc dengan kunci magnet, gue akan nabung buat beli. Kalau model-model yang sekarang sih, mending gue masih pakai NMP karbu deh.
Denger-denger R25 mau ngeluari versi naked-biked which is kemungkinan sport touring. Mudah-mudahan masuk Indonesia dan mesinnya 150 cc.

1 comment :